Sabtu, 16 Juni 2012


Jadi Pengusaha atau Karyawan : sebuah pilihan !!!


            Temen” pasti bingung kalo disuruh untuk memilih diantara kedua pilihan itu…. Menjadi pengusaha atau karyawan memang merupakan pilihan sulit untuk semua orang, ya kalo lebih simplenya sih itu disuruh pilih jadi penyuruh atau yang disuruh. Kedua pekerjaan tersebut memiliki banyak perbedaan, selain itu kedunya juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing. Nah ayo kita coba lihat dari masing” kelebihan dan kekurangannya.
            Pertama menjadi seorang pengusaha,, untuk memulai sebuah usaha tentunya bukanlah hal yang mudah. Untuk memulai suatu usaha kita perlu ide, keterampilan, keahlian, dan tentunya modal. Hal tersebut harus kita penuhi dulu sebagai langkah awal menjadi seorang pengusaha…. Kelebihan menjadi seorang pengusaha ada banyak sekali, diantaranya kita bisa belajar mandiri mengelola bisnis, kita bisa mengelola financial secara bebas tanpa diatur atasan, kita juga bisa membuka peluang untuk orang lain agar mendapatkan pekerjaan. Kalau dilihat dari segi kekurangannya menjadi seorang pengusaha itu tidak mudah, tentunya usaha yang kita dirikan tidak langsung sukses dan berkembang, jadi setiap usah pasti ada jatuh bangunnya. Disamping itu kita sebagai pengusaha dituntut berfikir lebih agar bisa mempertahankan usaha yang kita dirikan.
            Nah kalo yang tadi pengusaha, gimana ya kalo jadi karyawan…..??. Berbeda dengan pengusaha menjadi seorang karyawan mungkin tidak terlalu sulit, hal itu dikarenakan kita hanya terfokus pada bidang pekerjaan kita saja. Kita tidak dituntuk berfikir lebih jauh mengenai perkembangan perusahan. Tapi kurangnya kita selalu diperintah, tidak bekerja bebas sesuai keinginan kita, hasil dari pekerjaan kitapun selalu dievaluasi dan jam kerja kita tidak fleksibel.
            Jadi,, sebaiknya kita pilih yang mana yaaaaa…?
            Hmmmm kalo saya pribadi berfikir untuk menjadi karyawan terlebih dahulu setelah lulus kuliah untuk mencari pengalaman bagaimana memanagement suatu usaha, dan saya ingin mengumpulkan modal untuk awal pendirian usaha saya nanti . Tapi kalo disuruh memilih ya tujuan utama saya tetap menjadi seorang pengusaha, saya berfikir kenapa harus jadi karyawan yang harus diperintah boss kalau saya bisa menghasilkan uang sendiri….? Ya saya ingin bisa membuka usaha mandiri dengan kemampuan saya, saya ingin membuka lapangan pekerjaan yang bisa berguna bagi orang lain membuka kesempatan bekerja untuk mereka.
            Jadi antara jadi pegawai dengan karyawan sama saja, semua memiliki tanggung jawab pada pekerjaannya tergantung bagaimana kita menjalankannya. Hanya saja pilihan saya tetap menjadi pengusaha , karena menurut saya jika kita menjadi pengusaha kita bisa memberikan manfaat lebih bagi orang lain 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar