Rabu, 02 November 2011

SEJARAH GOOGLE CHROME OS


Raksasa search engine google baru-baru ini mengumumkan bahwa pihaknya akan segera meluncurkan Sistem Operasi Komputer baru yang berbasis browser chrome yang sudah memiliki sejumlah 30-juta pengguna.operating system baru ini akan dinamakan chrome os dan rencananya akan diluncurkan kepada pengguna pada semester-II tahun2010.
Sistem operasi baru ini berbasis Kernel Linux dan berlisensi Open Source. Dengan demikian pengembangan selanjutnya akan didukung oleh komunitas Open Source diseluruh dunia. Karna berlisensi open source, maka OS chrome ini bebas didistribusikan tanpa biaya lisensi. Jadi ini akan menyaingi OS Microsoft Windows Vista, XP, maupun Windows 7 yang akan segera diluncurkan Microsoft.
Apa bedanya google Chrome OS dan Microsoft Windows? google Chrome OS akan berjalan pada processor x86 dan ARM, jadi netbook dengan processor Intel Atom, smartbook dengan chip Nvidia Tegra, atau Qualcomm Snapdragon hingga netbook dengan platform AMD Neo dapat mengunakan google Chrome OS.
Teknologi HTML 5 juga akan menjadi bagian tidak terpisahkan dari Chrome OS. Banyak pengguna internet yang ragu jika menjalankan aplikasi web, tapi mereka tidak terhubung ke internet. Tapi dengan HTML 5 semuanya akan berubah, pengguna dapat bekerja melalui browser walaupun tidak terhubung dengan internet. Google Chrome OS sepertinya dibuat bukan hanya untuk menegaskan bahwa google sudah berajak dewasa, tapi juga untuk mengusik kenyamanan Microsoft.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar